Rabu, 22 Desember 2010

Dallol Danakil, Paling Kejam di Bumi

Dallol Danakil, Paling Kejam di Bumi

Jakarta, kasakusuk.com

Gurun Danakil terletak di utara-timur Ethiopia, banyak gunung berapi di daerah itu, termasuk Erta Ale dan Dabbahu.

Yang sangat terkenal dari tempat ini adalah Dallol, Danakil Desert, karena beberapa orang, dan para ahli geologi menyebutnya sebagai tempat "paling kejam di Bumi."

Dallol gunung berapi yang tersembunyi di bawah lapisan tebal garam (150 meter di bawah permukaan laut), hal yang memanifestasikan dirinya dengan berbagai mata air yang luar biasa, pernuh warna-warni keindahan, dan fumarol dalam dataran garam yang menyimpan mineral sulfur.


Orang-orang Afar - Ethiopia menyebutnya dengan nama Dallol, yang berarti menggambarkan dataran dari kolam asam hijau (nilai-pH kurang dari 1,) oksida besi, belerang, dan garam dataran gurun.


Dallol tercipta karena adanya ledakan kawah gunung berapi (maar) di Danakil Desert, sebelah timur laut Erta Ale Range di Ethiopia, saat letusan yang dahsyat freatik pada tahun 1926, dan sejumlah titik lainnya yang serupa kawah dataran garam di dekatnya, sehingga membentuk lubang vulkanis subaerial terendah di dunia.


Dallol, Danakil Desert biarpun sebagai tempat "paling kejam di bumi" tetap saja banyak dikunjungi para wisatawan, dan para photographer untuk melihat serta mengabadikan keindahan, dari fenomena lautan asam hijau, belerang, dan percikan-percikan api, layaknya kembang api.


Dallol, Danakil Desert memang banyak menyimpan keindahan yang sangat fantastik, namun dibalik keindahan tersebut menyimpan bahaya mengancam. (sakti, dari berbagai sumber)

source : http://kasakusuk.com/dallol-danakil-paling-kejam-di-bumi

Tidak ada komentar:

Posting Komentar